Kamis, 16 Februari 2012

Perawatan Sistem dan Jaringan Komputer

Perawatan Sistem dan Jaringan Komputer


Untuk merawat sistem dan jaringan komputer di seluruh kawasan kerja metode yang digunakan adalah dikerjakan sendiri. Hal ini karena dana perawatan dari tahun ke tahun terus menurun sementara perangkat yang harus dirawat terus bertambah. Untuk memudahkan perawatan, diusahakan menggunakan jenis dan tipe yang minimalis. Sehingga jumlah yang harus di-stok tidak terlalu beragam. Berdasarkan pola kerusakan, dapat ditentukan jenis peralatan apa saja yang sering rusak dan perlu di-stok. Sehingga bila ada kerusakan tidak harus membeli atau mengadakan terlebih dahulu. Biasanya proses pengadaan bisa memakan bulanan, dari mulai mengajukan hingga barang ada di depan mata.

Perawatan Sistem dan Jaringan Komputer

 

 

http://www.stisitelkom.ac.id

http://hilfan.blog.stisitelkom.ac.id

Konfigurasi NTP Server di Fedora

Konfigurasi NTP Server di Fedora


Untuk keperluan sinkronisasi jam di semua server dan host dalam sebuah LAN, perlu ada sebuah host yang bertindak sebagai NTP Server. Ini lebih baik ketimbang semua host mengacu ke sebuah NTP Server yang berada di luar sana. Untuk menjalankan NTP Server dibutuhkan paket ntp dengan ntpd-nya. Yakinkan bahwa kedua paket sudah terisntalasi, misal dengan mengetikkan perintah baris "yum list ntp*", "ntpdate --help" atau "ntpdate 0.fedora.pool.ntp.org".

 

Sebelum menjalankan ntpd di calon server NTP, edit file /etc/ntp.conf

driftfile /var/lib/ntp/drift

restrict default kod nomodify notrap nopeer noquery

restrict -6 default kod nomodify notrap nopeer noquery

restrict 127.0.0.1

restrict -6 ::1

server 0.fedora.pool.ntp.org

server 1.fedora.pool.ntp.org

server 2.fedora.pool.ntp.org

includefile /etc/ntp/crypto/pw

keys /etc/ntp/keys

 

Tambahkan sebaris nama server acuan NTP Server ke dalam file /etc/ntp.conf :

server ntp.kim.lipi.go.id

 

Jalankan ntp daemon di calon NTP server:

# chkconfig ntpd on

# service ntpd start

 

Lakukan sinkronisasi dengan NTP Server luar

[root@nms ~]# ntpdate ntp.kim.lipi.go.id

12 Dec 11:16:26 ntpdate[2413]: the NTP socket is in use, exiting

 

Pesan "socket is in use" mengharuskan Anda untuk menghentikan terlebih duhulu ntpd-nya

[root@nms ~]# service ntpd stop

Mematikan ntpd: [ OK ]

 

Lakukan sinkronkan ulang

[root@nms ~]# ntpdate ntp.kim.lipi.go.id

12 Dec 11:16:40 ntpdate[2439]: adjust time server 203.160.128.2 offset -0.000117 sec

 

Jalankan ntp daemon kembali

[root@nms ~]# service ntpd start

Memulai ntpd: [ OK ]

 

Tes status NTP Server yang baru saja dibuat dari sisi servernya :

[root@svec ~]# ntpq -p

remote refid st t when poll reach delay offset jitter

==============================================================================

*vm1.jaringinter 216.218.254.202 2 u 36 64 377 1.895 -4.557 0.053

+netmon.cpe.rmut 203.185.69.60 2 u 11 64 377 421.424 -20.924 0.450

-221.139.48.11 115.139.9.150 2 u 3 64 377 223.772 -60.839 0.323

+ntp.kim.lipi.go .UTC. 1 u 4 64 377 5.203 -3.432 0.465

[root@svec ~]#

 

Sekarang seluruh client sudah bisa mengacu ke NTP Server baru ini. Soal caranya, mungkin setiap client memiliki cara yang berbeda-beda sesuai dengan distro atau sistem operasi yang digunakan. Sebelum melakukan sinkronisasi dari sisi client, cek kesiapan server. Untuk client Fedora :

# ntpdate 202.46.3.xx

 

Kalau server NTP nya belum siap, dari sisi client, akan ada pesan sbb :

[root@svec ~]# ntpdate 202.46.3.xx

12 Dec 11:31:27 ntpdate[4099]: no server suitable for synchronization found

 

Kalau server NTP nya sudah siap digunakan, akan ada pesan sbb :

[root@nms ~]# ntpdate 0.fedora.pool.ntp.org

12 Dec 11:42:58 ntpdate[5583]: adjust time server 203.160.128.3 offset -0.013135 sec

 

[root@nms ~]# ntpdate 1.fedora.pool.ntp.org

12 Dec 11:44:07 ntpdate[5656]: adjust time server 203.160.128.2 offset -0.004170 sec

 

[root@nms ~]# ntpdate 2.fedora.pool.ntp.org

12 Dec 11:44:41 ntpdate[5733]: adjust time server 202.134.6.170 offset 0.007364 sec

 

[root@nms ~]# ntpdate ntp.lipi.go.id

12 Dec 11:44:58 ntpdate[5760]: adjust time server 203.160.128.2 offset -0.002601 sec

 

[root@nms ~]# ntpdate id.pool.ntp.org

12 Dec 11:45:47 ntpdate[6012]: adjust time server 203.153.60.200 offset 0.006996 sec

 

Sumber : http://www.pool.ntp.org/zone/id

 

Masalahnya : bagaimana agar NTP Server yang barusan dibuat bisa siap? Padahal semua langkah sudah diikuti. Atau dengan kata lain, bagaimana agar pesan dari sisi client bisa berubah dari :

[root@svec ~]# ntpdate 202.46.3.xx

12 Dec 11:31:27 ntpdate[4099]: no server suitable for synchronization found

 

menjadi seperti :

[root@nms ~]# ntpdate id.pool.ntp.org

12 Dec 11:45:47 ntpdate[6012]: adjust time server 203.153.60.200 offset 0.006996 sec

 

Sudah dicoba untuk membuka port 123 (UDP) di sisi server, sisi client tetap mengeluarkan pesan "no server suitable for synchronization found". Emang sih, kalau dicek pakai http://www.yougetsignal.com/tools/open-ports/, port 123 masih closed. Tapi NTP server lain juga katanya closed tetapi tetap bisa digunakan. Salah dimana ya?

 

Di FreeBSD (serpong6), konfigurasi NTP-nya ada di /usr/local/etc/ntpd.conf. Cek dihttp://www.cyberciti.biz/faq/freebsd-install-configure-openntpd-server-to-sync-time/

 

 

Coba membuka port 123 UDP di NTP Server dengan iptables:

/sbin/iptables -A INPUT -p udp --dport 123 -j ACCEPT

/sbin/iptables -A OUTPUT -p udp --sport 123 -j ACCEPT

 

Cek dengam perintah baris "nmap -O ip_address", ternyata port 123 belum terbuka juga. Cek dengan yougetsignal, port 123 juga belum terbuka. Ini menyebabkan ntpdate juga belum bisa dijalankan? Entahlah.

 

Setelah menunggu seharian, akhirnya NTP Server berhasil juga (dengan sendirinya?). Ini agak mengherankan. Keberhasilan ditandai dengan pesan dari sisi client sbb :

[root@nms ~]# ntpdate -u 202.46.3.xx

12 Dec 15:50:20 ntpdate[28830]: step time server 202.46.3.xx offset 11.703232 sec

 

Konklusi

Setelah ntp terisntalasi pada NTP Server, ubah atau sesuaikan isi file /etc/ntp.conf seperti di bawah ini :

driftfile /var/lib/ntp/drift

restrict default kod nomodify notrap nopeer noquery

restrict -6 default kod nomodify notrap nopeer noquery

restrict 127.0.0.1

restrict -6 ::1

includefile /etc/ntp/crypto/pw

keys /etc/ntp/keys

server 2.id.pool.ntp.org prefer

server 1.asia.pool.ntp.org

server 3.asia.pool.ntp.org

server ntp.kim.lipi.go.id

 

Setelah server di restart, butuh 10 menitan agar client bisa menjalankan ntpdate. Di server NTP saya tidak perlu menjalankan ntpd dan iptables. ntpd sudah otomatis jalan saat boot. Sedangkan iptables tampaknya memang tidak diperlukan. Port 123 meski tetap tertutup, client tetap bisa menjalankan ntpdate asalkan sabar menunggu 10 menit-an.

 

Agar tidak perlu menjalankan ntpd setiap kali komputer di reboot, masuk ke menu Sistem --> Administrasi --> Layanan --> pilih layanan ntpd --> Aktifkan --> Jalankan. Langkah ini dapat diulangi untuk layanan ntpdate. Jika menggunakan perintah baris, gunakan perintah baris "chkconfig". Untuk melihat status setiap daemon, gunakan perintah baris "chkconfig --list". Untuk mengaktifkan salah satu layanan, misal ntpd, gunakan perintah baris "chkconfig ntpd on". Untuk menghentikan layanan, misal ntpd, gunakan perintah baris "chkconfig ntpd off".

 

Saya mencoba restart server beberapa kali, setelah 10 menit berjalan, client baru bisa melakukan sinkronisasi dengan server. Saya belum mencoba menghapus port 123 udp di firewall. Untuk menghapus port 123 UDP dari firewall, masuk ke menu Sistem --> Administrasi --> Firewall --> masukkan password root --> pilih Port-port Lainnya --> pilih port yang mau dihapus, misal Port = 123, Protocol = udp, Layanan = ntp. --> Hapus. Pilih menu Berkas --> Apply --> Keluar.

 

Melihat open port tapi yang UDP

 

[root@svec ~]# nmap -sU -P0 -T Aggressive -F 202.46.3.xx

 

Starting Nmap 5.21 ( http://nmap.org ) at 2010-12-13 12:51 WIT

Nmap scan report for 202.46.3.xx

Host is up (0.0000080s latency).

Not shown: 95 closed ports

PORT STATE SERVICE

111/udp open rpcbind

123/udp open ntp

631/udp open|filtered ipp

2049/udp open nfs

5353/udp open|filtered zeroconf

 

Nmap done: 1 IP address (1 host up) scanned in 1.25 seconds

[root@svec ~]#

 

Opsi di nmap :

-sU = UDP scan

-PO[protocol list]: IP Protocol Ping

-T: Set timing template (higher is faster)

-F: Fast mode - Scan fewer ports than the default scan

 

http://msmunir-ina.blogspot.com/2010/12/ntp-server-di-fedora.html

Konfigurasi NTP Server di Fedora

 

 

http://www.stisitelkom.ac.id

http://hilfan.blog.stisitelkom.ac.id

Andragogi dan Pedagogi

Andragogi dan Pedagogi

Andragogi adalah proses untuk melibatkan peserta didik dewasa ke dalam suatu struktur pengalaman belajar. Istilah ini awalnya digunakan oleh Alexander Kapp, seorang pendidik dariJerman, di tahun 1833, dan kemudian dikembangkan menjadi teori pendidikan orang dewasa oleh pendidik Amerika Serikat, Malcolm Knowles (24 April 1913 -- 27 November 1997).

Andragogi berasal dari bahasa Yunani yang berarti mengarahkan orang dewasa dan berbeda dengan istilah yang lebih umum digunakan, yaitu pedagogi yang asal katanya berarti mengarahkan anak-anak.

Teori Knowles tentang andragogi dapat diungkapkan dalam empat postulat sederhana:[1][2]

  1. Orang dewasa perlu dilibatkan dalam perencanaan dan evaluasi dari pembelajaran yang mereka ikuti (berkaitan dengan konsep diri dan motivasi untuk belajar).

  2. Pengalaman (termasuk pengalaman berbuat salah) menjadi dasar untuk aktivitas belajar (konsep pengalaman).

  3. Orang dewasa paling berminat pada pokok bahasan belajar yang mempunyai relevansi langsung dengan pekerjaannya atau kehidupan pribadinya (Kesiapan untuk belajar).

  4. Belajar bagi orang dewasa lebih berpusat pada permasalahan dibanding pada isinya (Orientasi belajar).


Istilah andragogi telah digunakan untuk menunjukkan perbedaan antara pendidikan yang diarahkan diri sendiri dengan pendidikan melalui pengajaran oleh orang lain.[3]

Referensi

  1. ^ (nd) Andragogy (M. Knowles) Theory into Practice website.

  2. ^ (nd) Andragogy Informal Education Encyclopedia.

  3. ^ Hansman (2008) Adult Learning in Communities of Practice: Situating Theory in Practice


 

Pedagogi adalah ilmu atau seni dalam menjadi seorang guru. Istilah ini merujuk pada strategi pembelajaran atau gaya pembelajaran.[1]

Pedagogi juga kadang-kadang merujuk pada penggunaan yang tepat dari strategi mengajar. Sehubungan dengan strategi mengajar itu, filosofi mengajar diterapkan dan dipengaruhi oleh latar belakang pengetahuan dan pengalamannya, situasi pribadi, lingkungan, serta tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh peserta didik dan guru. Salah satu contohnya adalah aliran pemikiran Sokrates.[2]

 

 

Etimologi

 

Seorang guru sedang mempraktikkan ilmu dan seni dalam memotivasi peserta didik.

Kata "pedagogi" berasal dari Bahasa Yunani kuno παιδαγωγέω (paidagōgeō; dari παίς país:anak dan άγω ági: membimbing; secara literal berarti "membimbing anak”). Di Yunani kuno, kata παιδαγωγός biasanya diterapkan pada budak yang mengawasi pendidikan anak tuannya. Termasuk di dalamnya mengantarnya ke sekolah (διδασκαλείον) atau tempat latihan (γυμνάσιον), mengasuhnya, dan membawakan perbekalannya (seperti alat musiknya).[3]

Kata yang berhubungan dengan pedagogi, yaitu pendidikan,[4] sekarang digunakan untuk merujuk pada keseluruhan konteks pembelajaran, belajar, dan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan hal tersebut.

Malcolm Knowles mengungkapkan istilah lain yang mirip dengan pedagogi yaitu andragogi, yang merujuk pada ilmu dan seni mendidik orang dewasa.

 

Catatan

  1. ^ Pedagogy Study from NSF

  2. ^ Analysis of Pedagogy

  3. ^ Etymology Site on-line (pedagogue)

  4. ^ Definisi Webster tentang education


 

 

http://www.stisitelkom.ac.id

http://hilfan.blog.stisitelkom.ac.id

Penjaminan Dan Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia

 

 

Penjaminan Dan Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia

 



Penjaminan & Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia Penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan untuk pendidikan dasar dan menengah di Indonesia terkait dengan:

 

1. Pengkajian mutu pendidikan

2. Analisis dan pelaporan mutu pendidikan

3. Peningkatan mutu pendidikan

4. Penumbuhan budaya peningkatan mutu berkelanjutan Penelitian internasional mengindikasikan bahwa para guru dan sekolah adalah pihak-pihak yang memberikan kontribusi terbesar terhadap hasil mutu pendidikan peserta didik.

 

Untuk alasan di atas, cakupan Sistem Penjaminan dan Peningkatan Mutu Pendidikan perlu diarahkan pada penjaminan dan meningkatkan mutu untuk guru, kepala sekolah, sekolah, dan tenaga inti lainnya di sekolah serta sistem yang mendukung pekerjaan mereka. Definisi penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan dasar dan menengah dirumuskan sebagai: Serangkaian proses dan sistem yang terkait untuk mengumpulkan, menganalisa dan melaporkan data mengenai kinerja dan mutu tenaga pendidik dan kependidikan, program dan lembaga.

 

Proses penjaminan mutu mengidentifikasi aspek pencapaian dan prioritas peningkatan, menyediakan data sebagai dasar perencanaan dan pengambilan keputusan serta membantu membangun budaya peningkatan berkelanjutan. Pencapaian mutu pendidikan untuk pendidikan dasar dan menengah dikaji berdasarkan delapan Standar Pendidikan Nasional BSNP. Penjaminan mutu akan berkontribusi terhadap peningkatan mutu.

 

Delapan Standar Pendidikan Nasional (NSP) menyediakan acuan untuk mengkaji pencapaian pendidikan, mutu pendidikan dan bidang yang membutuhkan peningkatan mutu pendidikan. Pendidikan dasar dan menengah di Indonesia beroperasi dalam suatu konteks manajemen dan pemerintahan yang mendelegasikan sebagian besar tanggung jawab implementasinya kepada propinsi, kabupaten dan sekolah. Agar dapat berjalan dengan efektif dalam konteks kebijakan dan manajemen ini, sistem penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan perlu menyediakan fleksibilitas yang memadai yang akan memungkinkan kabupaten dan sekolah untuk mengkaji dan meningkatkan mutu di wilayah prioritas yang mencerminkan faktor kontekstual lokal dan spesial.

 

 

http://www.stisitelkom.ac.id

http://hilfan.blog.stisitelkom.ac.id



Agar Suami Disayang Istri

Agar Suami Disayang Istri


January 9, 2007 by trimudilah

 

Judul asli : 

Min Akhtha’i al Azwaj

Penulis : Muhammad bin Ibrahim Al Hamd

Edisi Indonesia : Agar Suami Disayang Istri

Penerjemah : Ahmad Syaikhu

Penerbit : Pustaka At Tazkia – Jakarta

Cetakan : I, Mei 2005

Halaman : xii + 229

 

Buku ini menyebutkan kekeliruan-kekeliruan yang biasa dilakukan oleh seorang suami. Dengan maksud sebagai bahan introspeksi agar rumah tangga menjadi lebih harmonis. Meski perlu diingat bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Tetapi alangkah baiknya bila suami tetap terus memperbaiki diri. Demikian juga dengan seorang istri. Harus terus memperbaiki diri.

Inilah kekeliruan kekeliruan yang disebutkan dalam buku tersebut. Saya sebutkan dengan meringkas penjelasannya.

 

 

1. Mengabaikan orang tua setelah menikah

 

2. Membiarkan hubungan antara istri dan mertua menjadi renggang

 

3. curiga terhadap istri

 

 

4. Miskin cemburu terhadap istri

Cemburu yang sehat sangat dianjurkan. Cemburu yang didasarkan pada akal sehat, cinta kasih dan saling percaya.

Cemburu adalah perasaan mulia dari cinta sejati yang mendorong seorang hamba melindungi istrinya. Juga sebaliknya, mendorong istri untuk menjaga suaminya.

Cemburu adalah salah satu sifat pria yang mulia. Perasaan itu tidak boleh pudar dalam diri seorang pria, apa pun situasinya. Bahkan ketika ia tidak lagi mencintai istrinya. Kecemburuannya tetap kokoh, selama perempuan tersebut berstatus istrinya, dan karenanya jadi tanggung jawabnya. Perasaan cemburu membuat kedua belah pihak merasa dicintai. Masing masing lalu berusaha memperbarui, menumbuhkan, dan memelihara perasaan cinta.

 

5. Meremehkan istri

 

 

6. Menyerahkan komando rumah tangga pada istri

Suami adalah pemimpin. Mencintai bukan berarti mengikuti semua kemauan istri. Mencintai berarti bersama sama mengayuh sampan rumah tangga, dengan penuh cinta dan saling mengerti.

 

7. Merampas harta istri

 

 

8. Malas mengajari istri tentang Islam

Ini salah satu kekeliruan yang dilakukan oleh banyak suami. Suami malas mengajar, mendidik dan memahamkan istrinya dalam urusan agamanya. Jika istri bodoh dalam urusan agamanya, ia tidak mengetahui hak suaminya, tidak mampu mendidik anak anaknya dan merawat rumahnya dengan baik. Ia pun tidak beribadah pada Rabb nya dengan cara yang Dia ridhai.

Syaikh Muhammad Rasyid Ridha mengatakan, “Kewajiban atas suami, sebagai pemimpin rumah tangga adalah mendidik istri istrinya semaksimal mungkin agar mereka melaksanakan kewajibannya.”

Syaikh Ridha melanjutkan, “Bagaimana mungkin wanita dapat menunaikan kewajiban dan hak jika mereka tidak mengetahuinya, baik secara umum maupun rinci? … “

Suami hendaknya berupaya mengokohkan dalam hati istrinya rasa cinta pada Allah, takut dan harapan kepada Nya, merasakan pengawasan Nya, bertawakal dan senantiasa bertaubat pada Nya. Ia ajarkan hukum hukum bersuci dengan berbagai ragamnya, jinabat, hadats, haid, nifas dan lainnya.

Selanjutnya yang juga patut diperhatikan, seorang istri sangat terpengaruh dengan perilaku suaminya. Jika ia melihat suaminya sangat menyukai auratnya tertutup, iffah (menjaga kesucian diri), berakhlak dan rajin beribadah, sang istri pun bersegera melakukannya. Ia terdorong oleh semangat memenuhi perintah Rabb nya dan mencari ridha suaminya. Sebaliknya jika ia melihat suaminya meninggalkan hukum hukum agama dan adab berkeluarga, ia pun mengikuti suaminya demi menyenangkan hatinya.

 

 

9. Pelit terhadap istri

Salah satu hak istri atas suaminya adalah diberi nafkah secara ma’ruf. Maksud nafkah disini adalah harta yang diwajibkan atas suami untuk diberikan pada istrinya, seperti tempat tinggal, makanan, pengasuhan, pakaian, dan lain lainnya. Dengan begitu, kehormatan istri selamat dari pelecehan, kesehatan pun terjaga. Semua itu hendaknya dilakukan dalam batas batas kesanggupan.

Ibnu Qudamah berkata, “Memberikan nafkah pada istri adalah kewajiban, berdasarkan Al Qur’an, As Sunnah, dan ijma’. Allah berfirman:

“Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rizkinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekadar) apa yang Allah berikan kepadanya.” (Ath Thalaq: 7).

As Sarakhsi berkata, “Suami wajib memberikan nafkah menurut kadar kecukupan dan dinilai ma’ruf, yakni tidak kikir dan tidak berlebih lebihan.”

Memberikan nafkah kepada istri lebih didahulukan daripada memberi nafkah pada orang lain. Ini dilalaikan oleh banyak orang. Abu Hurairah menuturkan sabda Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam:

 

“Satu dinar yang engkau nafkahkan di jalan Allah, satu dinar yang engkau nafkahkan untuk membebaskan budak, satu dinar yang engkau nafkahkan kepada orang miskin, dan satu dinar yang kamu nafkahkan pada keluargamu; maka yang paling besar pahalanya adalah apa yang engkau nafkahkan pada keluargamu.”

(HR. Muslim no. 995).

Istri tidak boleh menuntut nafkah melebihi kebutuhannya, atau membebani suaminya di luar kesanggupannya. Itu berarti menyusahkan dan membebani. Ketika istri diuji oleh suami yang kikir terhadapnya, lalu ia bersabar dan mengharapkan pahala, maka ia akan mendapat pahala dari Allah.

 

 

10. Mengejutkan istri setelah lama bepergian

Berikan kesempatan kepada istri untuk bersolek setelah Anda bepergian lama. Niscaya hasrat dan kasih sayang lebih bertahan lama.

Dalilnya adalah hadits riwayat Jabir. “Kami bersama Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam dalam suatu peperangan. Ketika kami telah tiba di Madinah, kami pergi untuk menemui istri kami. Rasulullah bersabda,

“Perlahan, jangan masuk pada malam hari -yakni Isya’- hingga ia menyisir rambut yang kusut, dan agar wanita yang ditinggal bepergian itu bisa berdandan.” (HR. Muslim, No. 715; Abu Daud No. 2776; dan At Tirmidzi no. 1172).

Hikmah dilarangnya perbuatan ini, adalah agar hasrat terhadap istri tetap kuat. Sebab, suami tidak melihat suatu aib pada istrinya atau sesuatu yang mengurangi keindahannya. Misalnya, rambut acak acakan, tidak berhias, dan lainnya. Dengan memberi tahu terlebih dulu, suami dapat melihat istrinya tetap cantik karena telah berhias. Hatinya pun tetap gembira. Hasratnya pun tetap terjaga.

Ringkasnya, suami tidak semestinya datang menjumpai istrinya secara tiba tiba setelah bepergian jauh. Hal ini dalam rangka mengikuti sunnah, … Saat ini, berbagai sarana tersedia. Seorang suami bisa berkomunikasi lewat telepon dan memberitahu istrinya bahwa ia akan datang pada hari dan waktu tertentu. Setelah mengetahui waktu kedatangan suaminya, istri pun berkewajiban untuk berdandan dan bersiap siap dengan sempurna untuk menyambutnya.

 

 

11. Hobi mencela dan mengkritik istri

 

12. Kurang berterima kasih kepada istri

Apa ruginya jika Anda memuji istri Anda karena kecantikannya dan kerajinannya? Apa ruginya jika Anda berterima kasih padanya atas suguhan yang ia siapkan untuk tamu Anda? Apa pula ruginya jika Anda menyatakan terima kasih Anda karena telah mengurus rumah dan anak anakmu, walaupun itu merupakan tugasnya, walaupun ia melakukannya sebagai kewajibannya? Semua itu dapat memperkuat kasih sayang antara suami istri.

 

 

13. Sering bertengkar

 

14. Lama meninggalkan istri tanpa alasan

 

15. Terlalu sibuk hingga jarang menemani keluarga

 

16. Bersikap kasar terhadap istri

 

17. Malas berhias untuk istri

 

18. Mengabaikan sunnah sebelum bercinta

 

19. Mengabaikan kesantunan dan etika bercinta

 

20. Mengumbar rahasia ranjang

 

 

21. Buta terhadap kondisi kejiwaan istri

Suami dituntut peka terhadap kondisi psikis sang istri. Dengan memahami kondisi istri, membantu suami bersikap secara tepat.

Ada juga suami yang tidak tahu problem problem alamiah wanita, baik ketika mengandung, haidh, nifas, dan lainnya. Ketika mengalaminya, kadang ia merasakan kesulitan dan kegelisahan. Apalagi ketika mengandung dan mengidam. Pada saat itu, istri menginginkan banyak hal.

Kadang pula ia tidak menyukai sesuatu, sehingga tidak tahan melihatnya atau menciumnya. Terkadang ia tidak menyukai rumahnya, suaminya, atau hal hal lain. Jika suami tidak mengerti hal itu, ia bisa saja beranggapan bahwa istrinya telah membencinya dan bosan dengannya. Kadang pula, suami lantas bersikap keras, dengan menceraikan istrinya. Ia tidak tahu sikap istrinya itu di luar keinginannya.

Karena itu, suami sepatutnya memahami masalah masalah ini agar tidak jatuh dalam kekeliruan kemudian menyesal. Saat itu, penyesalan tak lagi berguna. Jika ia tidak paham hal hal seperti ini, semestinya ia bertanya. Sebab, obat kebodohan adalah bertanya.

 

 

22. Menggauli istri ketika haid

 

23. Menggauli istri lewat dubur

 

24. Memukul istri tanpa alasan

 

25. Poligami dengan niat buruk

 

26. Tidak adil pada para istri

 

27. Terburu buru memutuskan cerai

 

28. Enggan menceraikan setelah mustahil berdamai

 

29. Mencela mantan istri

 

30. Mengabaikan anak usai bercerai

 

31. Habis manis sepah dibuang

 

32. Memandang hijau kebun tetangga.

 

 

—————

Buku ini bagus dibaca agar kita bisa mengetahui bagaimana menjadi suami yang baik. Tetapi upaya memperbaiki rumah tangga bukan hanya dari sisi suami saja. Harus dibarengi juga dengan upaya memperbaiki diri istri. Dengan begitu, niatan untuk membentuk keluarga yang sakinah mawaddah wa rahma atas dasar aturan aturan Islam bisa dilakukan dari dua arah. Yaitu suami dan istri sekaligus.

Ketika membaca buku ini, saya terdiam dan berpikir. Untuk kesekian kalinya -alhamdulillah- saya semakin yakin pentingnya ilmu agama dalam beramal. Bahkan untuk berumahtangga pun kita harus punya ilmunya agar tidak banyak kekeliruan kekeliruan yang kita buat. Contoh yang menarik adalah kekeliruan sebagian suami sebagaimana dijelaskan pada point 10, yaitu mengejutkan istri setelah lama bepergian. Sebagian dari para suami mungkin mengira akan membuat ‘surprise’ (kejutan) dengan tiba tiba hadir dihadapan istrinya. Maksudnya mungkin baik -menurut perkiraan mereka- yaitu agar semakin bertambah rasa cinta diantara keduanya. Tetapi ini malah suatu kekeliruan. Tidak semestinya seorang suami menjumpai istrinya secara tiba tiba setelah bepergian jauh. Hendaknya memberi kabar dulu tentang kedatangannya, bisa dengan menelpon atau sms. Dengan itu, seorang istri punya waktu yang cukup untuk bersiap siap menyambut suaminya dengan baik. Inilah yang bisa menambah rasa cinta diantara suami istri.

 

Semoga Anda semakin yakin bahwa menuntut ilmu agama itu penting dan memang perlu…

 

 

Ringkasan buku ini dibuat oleh Chandraleka

di Depok, 29 Desember 2006

 

Chandraleka

Independent IT Writer

Agar Suami Disayang Istri

 

 

http://www.stisitelkom.ac.id

http://hilfan.blog.stisitelkom.ac.id

IGOS berbasis Fedora edit setelah instalasi IGOS

IGOS berbasis Fedora, edit setelah instalasi IGOS





IGOS Nusantara 2010 atau IGN2010 adalah distro IGOS generasi ke 5 setelah IGN2009 yang berbasis Fedora 11. IGN2010 berbasis Fedora 13. Proses instalasi yang saya lakukan di laptop Lenovo 3000v100 hanya memakan waktu kurang dari 1 jam. Setelah instalasi IGN2010 selesai, menunggu pekerjaan lain. Misalnya instalasi Java Runtime Enviroment (JRE), k3b, dan juga setting repositori agar diarahkan ke IGN2010. IGN2010 juga memiliki password default untuk root. Sementara user default tidak dilengkapi password. Ini demi kemudahan pengguna awam. Namun jika ingin diubah menjadi sedikit aman, sangatlah mudah. Easy cake. Bagi yang dulu menggunakan IGN2009, proses instalasi IGN2010 akan menghapus sistem yang lama.

Edit Konfigurasi Repositori Server

 

Secara default, IGN2010 mengarahkan repositori-nya ke media atau DVD-Installer. Jika kita punya akses Internet, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan repositori IGN2010. Untuk mengubah arah repositori, edit file-file /etc/yum.repos.d/. File-file tersebut adalah :

  1. ign2010-all.repo

  2. ign2010-other.repo

  3. ign2010-extra.repo

  4. ign2010-updates.repo


Pada dasarnya, ubah baris "enabled=0" menjadi "enabled=1". Namun pada file media.repo, diubah sebaliknya, dari "enabled=1" menjadi "enabled=0". Selengkapnya untuk file ign2010-all.repo adalah sbb :

 

[ign2010-all]

name=ign2010-all

baseurl=

http://repo.informatika.lipi.go.id/2010/all/

http://repo.igos-nusantara.or.id/2010/all/

failovermethod=priority

enabled=1

gpgcheck=0

 

Lakukan pengubahan seperti ini untuk ketiga file lainnya.

 

K3b - CD dan DVD Kreator

# yum install k3b

Paket yang terinstalasi : k3b-2.0.0-2.fc13.i686 (28 M)

 

Editor Diagram Dia

# yum install dia

Paket : dia-0.97-4.ign5.i686 (5,3 M)

 

Lame untuk Ripping CD Audio

# yum install lame

Paket : lame-3.98.3-1.ign5.i686 (11o k)

 

YM yang mendukung Video

# yum install gyachi

Paket : gyachi-1.2.9-2.ign5.i686 (1,9 M)

 

SIP Phone atau Softphone

# yum install ekiga

Paket : ekiga-3.2.7-3.ign5.i686 (12 M)

 

FTP Client

# yum install gftp

Paket : gftp-2.0.19-4.ign5.i686 (678 k)

 

File video AVI, WMV, FLV, MOV, ASF, MPG -> OK, OGG dan OGV -> belum

 

Lihat juga :

http://msmunir-ina.blogspot.com/2010/02/igos-nusantara-2009.html

 

MP3Info Fedora 14

Download file mp3info-0.8.5a-1.i386.rpm dari http://www.ibiblio.org/mp3info/ lalu jalankan di terminal :

[root@localhost Unduhan]# rpm -ivh mp3info-0.8.5a-1.i386.rpm

Preparing... ########################################### [100%]

1:mp3info ########################################### [100%]

[root@localhost Unduhan]#

 

 

http://msmunir-ina.blogspot.com/2010/10/setelah-instalasi-igos-nusantara-2010.html



· · · Share · Delete
















IGOS berbasis Fedora edit setelah instalasi IGOS

 

 

http://www.stisitelkom.ac.id

http://hilfan.blog.stisitelkom.ac.id

Swakelola menurut Perpres 54 Tahun 2010

Swakelola menurut Perpres 54 Tahun 2010


Salah satu masalah besar yang dihadapi saat ini adalah bagaimana cara melakukan pengadaan jasa Internet. Ada 3 pilihan, yaitu penunjukan langsung berdasarkan PP Tarif yang berlaku, swakelola dan pelelangan umum. Kalau menggunakan PP Tarif, maka harga saat ini tampaknya sudah tidak lagi sesuai dengan PP Tarif. Perubahan Tarif pada PP membutuhkan waktu lama dan rumit. Jadi praktis tidak bisa diubah sesuai keadaan, padahal harga jasa Internet terus turun dari waktu ke waktu. Yang paling aman adalah pelelangan umum. Namun untuk urusan yang sangat strategis (tergantung lembaganya) maka berganti-ganti Provider dan diurus oleh non PNS menjadi hal rumit. Seperti halnya urusan Passport, KTP, SIM, STNK, Pajak.

 

Sekarang yang menjadi alternatif yang perlu dipelajari adalah kemungkinan swakelola. Swakelola telah diatur dapam Peraturan Presiden No. 54 Tahun 2010. Perpres 54/2010 adalah pengganti Keputusan Presiden No. 80 Tahun 2003. Pasal-pasal yang perlu dicermati dalam Perpres 54/2010 adalah :

  1. Pasal 26 ayat 1 : "Swakelola merupakan kegiatan Pengadaan Barang/Jasa dimana pekerjaannya direncanakan, dikerjakan dan/atau diawasi sendiri oleh K/L/D/I sebagai penanggung jawab anggaran, instansi pemerintah lain dan/atau kelompok masyarakat."

  2. Pasal 26 ayat 2 butir a : "pekerjaan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan/atau memanfaatkan kemampuan teknis sumber daya manusia serta sesuai dengan tugas pokok K/L/D/I;"

  3. Pasal 26 ayat 2 butir g : "pekerjaan survei, pemrosesan data, perumusan kebijakan pemerintah, pengujian di laboratorium dan pengembangan sistem tertentu;"

  4. Pasal 26 ayat 2 butir h : "pekerjaan yang bersifat rahasia bagi K/L/D/I yang bersangkutan;"

  5. Pasal 26 ayat 2 butir i : "pekerjaan Industri Kreatif, inovatif dan budaya dalam negeri;"

  6. Pasal 26 ayat 4 butir b : "Pengadaan melalui Swakelola dapat dilakukan oleh Instansi Pemerintah lain Pelaksana Swakelola;"

  7. Pasal 27 ayat 3 butir b : "Pengadaan Swakelola yang dilakukan oleh Instansi Pemerintah lain Pelaksana Swakelola dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut: pelaksanaan pekerjaannya dilakukan oleh Instansi Pemerintah yang bukan Penanggung Jawab Anggaran."

  8. Pasal 28 ayat 8 : "Swakelola dapat dilaksanakan melebihi 1 (satu) Tahun Anggaran."

  9. Pasal 30 ayat a : "Pengadaan melalui Swakelola oleh Instansi Pemerintah lain pelaksana Swakelola dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut: pelaksanaan dilakukan berdasarkan Kontrak antara PPK pada K/L/D/I Penanggung Jawab Anggaran dengan pelaksana Swakelola pada Instansi Pemerintah lain pelaksana Swakelola."

  10. Pasal 30 ayat h : "Pengadaan melalui Swakelola oleh Instansi Pemerintah lain pelaksana Swakelola dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut: kemajuan non fisik atau perangkat lunak dicatat dan dievaluasi setiap bulan yang disesuaikan dengan penyerapan dana oleh Instansi Pemerintah lain pelaksana Swakelola; "


Untuk memuluskan upaya penggunaan cara swakelola, syarat-syarat yang perlu dilengkapi adalah :

  1. Nama lembaga yang sudah menerapkan swakelola

  2. Salinan DIPA yang menyebutkan sumber dana kegiatan. Ini penting untuk mengetahui berapa banyak jenis mata anggaran yang digunakan untuk mendukung kegiatan yang akan di-swakelola-kan

  3. Surat-surat atau dokumen terkait dengan swakelola, misal MoU, Surat Perjanjian, Surat Kontrak


Ini semua diperlukan agar tidak ada beda penafsiran di antara para pemangku kepentingan. Jangan sampai seperti orang buta menggambarkan gajah. Dengan demikian dapat diidentifikasi secara persis pasal mana dari 10 pasal di atas yang akan digunakan sebagai dasar hukum swakelola.

 

Dalam rangka mendukung semangat swakelola pada sisi efisiensi dan penghematan anggaran, sudah seyogyanya jika harga yang diberikan oleh calon pelaksana swakelola setidaknya lebih murah sedikit dibanding pasar. Atau pelaksana memiliki keunggulan teknologi dan komparatif lainnya.

 

 

 

http://msmunir-ina.blogspot.com/2010/10/swakelola-menurut-perpres-54-tahun-2010.html

Swakelola menurut Perpres 54 Tahun 2010

 

 

http://www.stisitelkom.ac.id

http://hilfan.blog.stisitelkom.ac.id