Kamis, 17 November 2011

Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom)

Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom) merupakan salah satu perguruan tinggi pelopor khusus di bidang Seni Rupa dan Desain, dengan program studi terlengkap. STISI Telkom memfokuskan lulusannya untuk dapat menjadi tenaga ahli di bidang Seni Rupa dan Desain yang terampil, memiliki wawasan luas, serta memaksimalkan potensi berwirausaha, sebagai jawaban atas tuntutan perkembangan kebutuhan masyarakat serta Indrustri Kreatif Indonesia dan Dunia saat ini yang sangat pesat.




Selama 21 tahun berdiri, lebih dari 1,200 alumni dari program Studi Desain Komunikasi Visual, desain Interior, Desain Produk, Kriya Tekstil dan Mode, yang bergelar S.Ds. (Sarjana Desain), serta Seni Rupa Murni (Lukis dan Patung) yang bergelar S.Sn. (Sarjana Seni), telah turut berkontribusi nyata terhadap perkembangan Indrustri Kreatif Indonesia, melalui ragam portfolio karya seni dan desain yang digunakan di berbagai sektor industri dan pembangunan.


Program di STISI Telkom dirancang khusus untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya mampu berkerja di Industri Kreatif, namun juga memiliki potensi berwirausaha / berkerja mandiri dan membuka lapangan perkerjaan di bidang Industri Kreatif, sesuai dengan tagline STISI Telkom “Empowering You to Become Creativepreneur”. Mahasiswa/i STISI Telkom dididik untuk memiliki Powerful Skill di bidang Seni Rupa dan Desain (baik manual maupun computerized), dengan penekanan pada penggalian kekeyaan alam dan budaya Indonesia. Dilengkapi dengan perluasan wawasan dan pengayaan konsep (Knowledge) di bidang ilmu pendukung serta ilmu sosial lainnya,

termasuk manajemen, wira usaha, hak kekayaan intelektual (HAKI), serta Attitude untuk menjadi professional designer dan calon insan kreatif masa depan. Seluruh kemampuan ini dipertajam secara bertahap dan diaktualisasikan melalui program CBC (creative Business Coaching), dimana para calon lulusan merealisasikan rencana bisnis kreatif dan portfolio karya seni / desain-nya dibawah pembinaan para dosen dan praktisi industri kreatif. Program CBC memperoleh dukungan dan bantuan pembiayaan dari mitra-mitra industry STISI Telkom, Kementrian dan lembaga Pemerintah baik pusat maupun daerah, Yayasan Pendidikan Telkom, Lembaga Keuangan dan Perbankan. Hasil akhir dari program ini diharapkan para calon lulusan memiliki kemapuan untuk menjadi Wirausaha Muda dibidang Kreatif (Youth Creativepreneur) yang mandiri dan berdaya saing. Pada akhir masa studi mahasiswa/i diwajibkan untuk mengikuti Annual STISI Telkom Portfolio Exhibition, Festival & Competition, and Fashion Show.



Peranan STISI Telkom

STISI TELKOM sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi di bidang kreatif dan menjadi bagian penting dalam roda pergerakkan serta kemajuan Industri Kreatif Indonesia, berkomitmen dan mengambil peranan untuk :
1. Meningkatkan jumlah Talenta Kreatif yang berkualitas secara merata di seluruh wilayah Nusantara;
2. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan lembaga pendidikan bidang kreatif sebagai wadah untuk menempa talenta kreatif yang professional dan mandiri;
3. Meningkatkan penghargaan masyarakat terhadap insan kreatif sebagai profesi yang memberikan nilai tambah secara ekonomi dan sosial kepada bangsa Indonesia;
4. Meningkatkan jumlah entrepreuner kreatif (Creativepreuner) yang mampu mendorong pertumbuhan lapangan kerja kreatif serta membantu peningkatan ekonomi nasional,
5. Mendorong pengakuan dunia internasional terhadap karya-karya insan kreatif Indonesia.


Tagline “Empowering You to Become Creativepreneur”

Dengan Tagline “Empowering You to Become Creativepreneur”, STISITelkom menyelenggarakan sistem pembelajaran di bidang Seni Rupa dan Desain yang tidak hanya mengembangkan potensi, namun membantu memaksimalkan potensi (memberdayakan) setiap peserta didiknya untuk dapat menjadi Wirausahawan Mandiri di bidang Kreatif. Untuk tujuan tersebut, maka sistem pembelajaran di STISITelkom diselenggarakan dengan menekankan bahwa:

1. Lulusan STISI Telkom memiliki kekuatan KSA (Knowledge – Skills – Attitudes) atau Pengetahuan, Keahlian serta Sikap yang harus dimiliki untuk bisa eksis / berkarya di bidang Seni Rupa dan Desain serta Bisnis, yang erat dengan kebutuhan di dunia kerja dan industri kreatif, serta trend dunia usaha dan dunia industri saat ini dan ke depan (link & match).
2. Lulusan memiliki kesiapan technical skills, interpersonal skills, dan business skills sehingga siap menjadi wirausaha / pelaku bisnis di Industri Kreatif dalam segala jenis bidang usaha kreatif (MULTI TALENT CREATIVE PEOPLE), yang pada akhirnya dapat menjadi one of change agents dari bagian perkembangan industri kreatif Indonesia.
3. Seluruh peserta didiknya dipersiapkan menjadi CREATIVEPRENEUR melalui program yang dirancang secara komprehensif dan integratif dalam Creativepreneur Business Coaching (CBC) selama 1 semester penuh yang diwajibkan bagi calon lulusan STISITelkom agar lulusan dapat mengalami exercise secara nyata untuk seluruh KSA yang telah diberikan dengan terjun langsung pada dunia bisnis / wirausaha di bidang Industri Kreatif.



www.stisitelkom.ac.id , www.multimedia.stisitelkom.ac.id , www.repository.stisitelkom.ac.id , www.blog.stisitelkom.ac.id , www.elearning.stisitelkom.ac.id , www.library.stisitelkom.ac.id

2 komentar: