Kamis, 15 Desember 2011

Strategi Pengembangan dan Implementasi e Learning di Perguruan Tinggi

Strategi Pengembangan dan Implementasi e Learning di Perguruan Tinggi

Salah satu materi seminar di dalam Seminar Effective e-Learning for Education adalah Strategi Pengembangan dan Implementasi e-Learning di Perguruan Tinggi yang dipresentasikan oleh Bapak  Zainal A. Hasibuan, Ph.D., beliau adalah Kepala Laboratorium Digital Library and Distance Learning Universitas Indonesia. Website elearning UI.

[caption id="" align="alignright" width="233" caption="Strategi Pengembangan dan Implementasi e-Learning di Perguruan Tinggi"]Strategi Pengembangan dan Implementasi e-Learning di Perguruan Tinggi[/caption]

Point penting isi materi adalah sebagai berikut :
Mengapa E-Learning? :

  • Tingkat partisipasi pendidikan tinggi relatif rendah-18%. Target:2014–2015 adalah 30% (M. Nuh, 2011).

  • Peningkatan kualitas Manusia Indonesia (Tahun 2010 Human Development Index-HDI peringkat 108 dari 170; Tahun 2011 turun ke peringkat 124).

  • Penyebaran Infrastruktur TIK tidak Merata (akses internet sekita 20 juta, penetrasi PC 6 juta, sebagian besar di P. Jawa)

  • Penyebaran Pendidik yang Berkualitas tidak Merata (60 % Pendidik bergelar S2, S3 berada di Pulau Jawa)

  • Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta jiwa.

  • 59% menempati Pulau Jawa yang hanya memiliki luas wilayah 6,75% dari wilayah Indonesia.

  • Kondisi geografis ini memunculkan tantangan pemerataan pembangunan sarana dan prasarana di bidang pendidikan.

  • Kualitas pengajar, terkonsentrasi dibeberapa tempat.

  • Akses ke materi belajar yang relevan dan up-to-date, masih terbatas.


Keuntungan E-Learning bagi Mahasiswa;

  1. Lebih fleksibel menyusun rencana dan waktu untuk kuliah, Sangat sesuai untuk orang-orang yang memiliki keterbatasan waktu

  2. Mempunyai kebebasan dan waktu yang cukup untuk mempelajari materi contoh: playback materi yang disampaikan

  3. Fasilitas kolaborasi diskusi, kegiatan grup dapat terekam dan mudah diakses

  4. Personalisasi (student-centered) tracking materi (roadmap, bookmark, self-test), akses online hasil quiz/ujian


Keuntungan E-Learning bagi Dosen);

  1. Tidak terikat pada tempat/lokasi, jumlah peserta dapat lebih besar.

  2. Dapat memberikan dukungan materi yang luas: penyampaian (multimedia) maupun referensi, materi pendukung, link global dengan Internet (WWW).

  3. Dapat memberikan perhatian terhadap individu: monitor kemajuan setiap mahasiswa, terbuka komunikasi tanpa dibatasi waktu

  4. Mudah mengatur struktur matak uliah, tugas, ujian


Download materi seminar mengenai Strategi Pengembangan dan Implementasi e Learning di Perguruan Tinggi disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar