Kamis, 16 Februari 2012

Strategi Memasarkan Produk

Strategi Memasarkan Produk


Pemasaran adalah strategi atau cara bagaimana melakukan berbagai aktifitas agar terjadi pertukaran (exchange) antara produsen dengan konsumen. Dalam hal pendidikan, pemasaran mengatur strategi dan cara agar konsumen mau mengeluarkan uang yang mereka miliki untuk menggunakan produk atau jasa perusahaan.

 

Untuk bisa memasarkan produk dengan baik, harus dimulai dari visi, misi, dan tujuan yang jelas perusahaan ingin diarahkan ke mana. Visi, misi dan tujuan ini biasanya harus dimulai dari manajemen, yang kemudian ditransfer kepada karyawan.

 

Selanjutnya, perusahaan juga harus menganalisis berbagai faktor eksternal yang mungkin berpengaruh dengan lembaganya. Faktor-faktor eksternal tersebut yang pertama adalah Lingkungan Makro. Lingkungan makro di sini terdiri dari sisi perkembangan penduduk dengan segala sifat dan karakternya. Faktor lain dari lingkungan makro adalah teknologi, di mana kita juga harus melihat berbagai perkembangan teknologi yang mungkin bisa diterapkan di perusahaan kita.

 

Faktor berikutnya dari lingkungan makro adalah aturan Pemerintah. Di Indonesia termasuk unik, karena aturan pemerintah sering berubah dengan perubahan menteri. Karena itu, antisipasi berbagai aturan ini diperlukan agar perusahaan bisa fleksible dalam mengadaptasi berbagai perubahan aturan.

 

Setelah lingkungan makro, lingkungan eksternal lain yang perlu diperhatikan adalah peta industri dan persaingan. Perusahaan perlu memetakan siapa pesaing-pesaing mereka, baik yang berpotensi untuk bersaing langsung maupun tidak langsung. Pemetaan kondisi ini akan menghasilkan kekuatan dan kelemahan pesaing kita, sekaligus melihat aspek mana yang bisa dijadikan sebagai keunggulan bersaing.

 

Setelah melihat kondisi persaingan, perusahaan perlu memahami konsumen atau pelanggan. Pemahaman tentang konsumen, nilai-nilai yang mereka anut, dan nilai tambah seperti apa yang diinginkan mereka akan sangat membantu perusahaan dalam mendisain produk dan jasa yang dibutuhkan.

 

Untuk bisa memberikan nilai tambah, perusahaan harus terlebih dahulu mengetahui selera dan kebutuhan konsumen secara baik. Biasanya dilakukan survey ataupun wawancara dengan calon-calon konsumen mengenai apa harapan dan keinginan mereka tentang perusahaan.

Perusahaan biasanya kesulitan untuk menentukan apakah perusahaannya diperuntukkan bagi masyarakat kelas menengah atas atau untuk menengah bawah. Perusahaan sejak awal harus menentukan lembaganya diarahkan untuk kelas mana.

 

Dengan menentukan target market yang dituju, perusahaan bisa memberikan satu nilai tambah yang menjadi pembeda dibandingkan dengan para pesaingnya. Nilai tambah inilah yang disebut sebagai differensiasi. Dengan differensiasi yang kuat, bisa menjadi senjata dalam menghadapi berbagai persaingan.

 

Setelah peta kondisi eksternal sudah didapatkan, perusahaan tinggal memikirkan kondisi internal strategi apa yang akan dilakukan untuk mengelola perusahaan. Pola pengelolaan strategi internal ini, dalam ilmu pemasaran sering disebut sebagai strategi 4 P yaitu mengelola produk, harga, saluran distribusi dan promosi (product, price, place of distrbution, promotion).

 

Produk-produk perusahaan bisa dibagi menjadi dua bagian; yaitu produk utama dan produk pendukung. Produk utama adalah kegiatan belajar mengajar dengan segala prosesnya. Karena bukan barang jadi, proses kegiatan belajar mengajar adalah produk utama yang melibatkan emosi dan perasaan dari peserta didik sebagai konsumen. Karena itu, agar produk utama ini baik harus diciptakan pengalaman belajar mengajar yang menyenangkan.

 

Perusahaan harus menentukan produk apa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Survey kebutuhan pelanggan perlu dilakukan agar produk yang diberikan sesuai dengan pilihan mereka. Setelah menentukan produk apa yang ingin ditawarkan, selanjutnya adalah menentukan berapa harga yang harus dibayar oleh konsumen. Prinsip utama dalam menentukan harga adalah menghitung keseluruhan biaya yang diperlukan. Dari situ, tinggal ditambahkan berapa persen laba yang ingin diperoleh untuk kepentingan pengembangan dan penghitungan berapa tahun akan balik modal.

 

Dalam hal distribusi, perlu juga dipikirkan bagaimana produk yang kita buat akan sampai kepada konsumen. Perlu dipikirkan apakah produk kita jual secara langsung atau dipercayakan kepada distributor dan agen untuk penyebarannya. Yang penting adalah bagaimana produk tersebut bisa sampai ke tangan konsumen.

 

Salah satu faktor yang penting dalam pemasaran sebagai P yang terakhir dari 4P yaitu promosi. Promosi adalah usaha-usaha sadar untuk melakukan sosialisasi, penerangan, dan pemberitahuan kepada masyarakat tentang berbagai informasi, yang biasanya mengenai berbagai produk yang ditawarkan. Aktivitas promosi melibatkan berbagai bentuk dan variasi yang sangat beragam. Tinggal bagaimana para pengelola melakukan berbagai promosi kreatif sesuai dengan kebutuhan dan anggaran promosi yang disediakan.

 

Bentuk promosi yang paling tradisional adalah iklan. Iklan adalah pemasangan informasi produk di berbagai media dan penerbitan mulai dari koran, majalah, tabloid, televisi, dan juga radio. Iklan memang efektif menjangkau khalayak yang luas, tetapi dari sisi biaya memang membutuhkan anggaran yang besar. Jika terasa bahwa biaya iklan di media massa cukup besar, bisa dicoba bentuk lain yaitu dengan brosur, leaflet, dan juga spanduk yang dipasang di sekitar wilayah di mana konsumen berada. Dengan demikian, informasi lengkap tetap bisa didapatkan oleh target konsumen kita.

 

Cara lain yang efektif adalah melalui promosi dari mulut ke mulut (word of mouth) di mana satu orang memberikan penjelasan kepada orang lain karena merasa mendapatkan manfaat yang baik dari produk atau jasa yang digunakan. Promosi ini sangat efektif karena biasanya orang lebih percaya kepada apa yang dikatakan oleh saudara ataupun teman-teman yang sudah merasakan terlebih dahulu.

 

Pada akhirnya, aktifitas promosi apapun dalam perusahaan tidak bisa berjalan efektif jika secara internal tidak memperhatikan faktor kualitas sebuah perusahaan. Dengan kualitas produk yang baik, ditambahkan komunikasi yang mengena, maka aktifitas perusahaan bisa berjalan dengan baik.

 

Sumber: Sentra KUKM

Strategi Memasarkan Produk

Kasian... <<< dari hati atau cuma basabasi??

Kasian... <<< dari hati atau cuma basabasi??


 



Kasian...

 

 

Seorang istri baru saja masuk rumah, lalu ditanya oleh suami:

 

 

Suami : Dari mana bu?

 

Istri : Dari rumah tetangga sebelah anter makanan, ¨kasian¨ ternyata dia seorang janda, ngga punya anak, rumahnya sepiii banget, hidupnya sendirian...

 

Suami : wah kasian ya bu?

 

Istri : iya pa, kasian banget... (dengan mimik muka yang mengasihani)

 

Suami : gimana kalau ibu janda sebelah itu, bapak nikahi saja bu?? supaya dia tidak hidup sendiri lagi  dan bisa bahagia, suruh tinggal bareng disini saja bu...

 

Ibu : Apa maksud bapak? seenaknya bicara seperti itu? Tidak sudi... (sambil melotot matanya memandang suaminya)

 

Suami : Pergi meninggalkan si istri yang masih melototinya... (kabuurr mode on)...

 

 

Jadi sebenarnya kasian (dari lubuk hati dan ada keinginan untuk membahagiakan) atau cuma sekedar kata-kata kasian saja tanpa ada makna (basa basi)????

 

 

http://www.stisitelkom.ac.id

http://hilfan.blog.stisitelkom.ac.id


the best free and opensource games of the Linux land

the best free and opensource games of the Linux land

inside Sabayon Linux 5.4

 

the best free and open-source games of the Linux land, including 0ad, Alien Arena 2011, Battle of Wesnoth, FooBillard, Freeciv, Frozen Bubble, GNOME Games, M.A.R.S. a ridiculous shooter, Micropolis, NeverBall, Nexuiz, OpenArena, Pingus, PyChess, Scorched 3D, Simutrans, Spring, Stepmania, Torcs, Tremulous, Warsow, Warzone 2100 and Wormux

 

http://spins.fedoraproject.org/games/

 

http://supergamer.org/

 

 

http://www.stisitelkom.ac.id

http://hilfan.blog.stisitelkom.ac.id

Adakah Tuhan

Adakah Tuhan??


Seorang konsumen datang ke tempat tukang cukur untuk memotong rambut merapikan brewoknya.

Si tukang cukur mulai memotong rambut konsumennya dan mulailah terlibat pembicaraan yang mulai menghangat.

 

Mereka membicarakan banyak hal dan berbagai variasi topik pembicaraan,dan sesaat topik pembicaraan beralih tentang Tuhan.

 

Si tukang cukur bilang,”Saya tidak percaya Tuhan itu ada”.

“Kenapa kamu berkata begitu ???” timpal si konsumen.

 

“Begini, coba Anda perhatikan di depan sana, apa yang terjadi di jalanan itu menunjukkan bahwa Tuhan itu tidak ada?

Katakan kepadaku, jika Tuhan itu ada, mengapa ada orang sakit??, mengapa ada anak terlantar?? Jika Tuhan ada, pastiah tidak akan ada orang sakit ataupun kesusahan.

 

Saya tidak dapat membayangkan bagaimana Tuhan Yang Maha Penyayang akan membiarkan ini semua terjadi.”

 

Si konsumen diam untuk berpikir sejenak, tapi tidak merespon karena dia tidak ingin memulai adu pendapat.

 

Si tukang cukur menyelesaikan pekerjaannya dan si konsumen pergi meninggalkan tempat si tukang cukur.

 

Beberapa saat setelah dia meninggalkan ruangan itu dia melihat ada orang di jalan dengan rambut yang panjang, berombak kasar mlungker-mlungker- istilah jawa-nya”, kotor dan brewok yang tidak dicukur. Orang itu terlihat kotor dan tidak terawat.

 

Si konsumen balik ke tempat tukang cukur dan berkata,” Kamu tahu, sebenarnya TIDAK ADA TUKANG CUKUR.”

 

Si tukang cukur tidak terima,” Kamu kok bisa bilang begitu ??”.

“Saya disini dan saya tukang cukur. Dan barusan saya mencukurmu!”

“Tidak!” elak si konsumen.

“Tukang cukur itu tidak ada, sebab jika ada, tidak akan ada orang dengan rambut panjang yang kotor dan brewokan seperti orang yang di luar sana”,

 

Si konsumen menambahkan.

“Ah tidak, tapi tukang cukur tetap ada!”, sanggah si tukang cukur.

” Apa yang kamu lihat itu adalah salah mereka sendiri, kenapa mereka tidak datang ke saya”, jawab si tukang cukur membela diri.

 

“Cocok!” kata si konsumen menyetujui.” Itulah point utama-nya!.

Sama dengan Tuhan, TUHAN ITU JUGA ADA !, Tapi apa yang terjadi… orang-orang TIDAK MAU DATANG kepada-NYA, dan TIDAK MAU MENCARI-NYA. Oleh karena itu banyak yang sakit dan tertimpa kesusahan di dunia ini.”

Adakah Tuhan

 

 

http://www.stisitelkom.ac.id

http://hilfan.blog.stisitelkom.ac.id

Keindahan Akhlaq dan Sifat Rosulullah

Keindahan Akhlaq dan Sifat Rosulullah





Allah Swt Berfirman :

 

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu

(yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat

dan dia banyak menyebut Allah. (Q.S Al Ahzab : 21)

 

Adapun diantara keindahan Akhlaq dan Sifat Rosulullah adalah :

 

1) Rasul berdoa dengan penuh khusyuk (menangis berlinang air mata)

2) Wajahnya senantiasa ceria yang menyejukkan mata memandangnya

3) Sangat elok dan sempurna wajahnya

4) Rasul memilik perasaan yang halus

5) Suka makan beramai-ramai daripada sendiri

6)  Tidak menyukai kemegahan dan perhiasan yang cantik melambangkan kesombongan dan

kemegahan

7) Beliau makan setelah lapar dan berhenti sebelum kenyang

8) Tidak pernah mengumpat , mencaci atau menghina orang lain

9) Rasul memelihara rambutnya dengan baik

10) Rasul memakai serban di atas kepalanya

11) Suka memberi kembali hadiah

12) Rasul mengucapkan salam kepada tuan rumah ketika hendak keluar atau masuk

13) rasul sangat lemah-lembut dengan isterinya dan setiap keluarganya

14) Senatiasa memberikan salam kepada siapa yang ditemuinya

15) rasul bersalaman dengan sahabatnya dan memeluk mereka ketika berjumpa

16) Ketika berjabat tangan ia tidak melepaskan tangannya sehingga orang

dijabatnya itu melepaskan tangannya

17) Apabila berjumpa dan berpisah dgn kumpulan kanak-kanak , baginda

mengangkat tangannya tanda hormat kepada mereka

18) Tidak menatap atau merenung wajah orang lain lama-lama

19) Tidak bangun dari sesuatu majelis makan sehingga tamu lain bangun

20) Tidak pernah menjulurkan kakinya di depan para sahabat

21) Rasul suka bercakap secara perlahan dan menyebut perkataan dengan jelas

22) Senantiasa menumpukan perhatian kepada orang yang berbicara dengannya

23) Tidak pernah ketawa terbahak-bahak tetapi hanya tersenyum lembut

24) Sangat fasih dan manis dalam tutur bicara

25) Tersangat sabar dan tabah bila menghadapi setiap cobaan dan kesusahan

26) Mengasihi terhadap umatnya

27) Tidak pernah mengambil rezeki karunia Allah melebihi keperluan makan

minumnya

28) Rezeki yang melebihi keperluan akan ditaburkan untuk jihad Fisabilillah

29) Sentiasa membantu orang lain walaupun ia sendiri dalam kesusahan

30) Tidak pernah menghina orang miskin dan tidak merasa terhina bergaul dengan

mereka

31) Suka menziarahi orang sakit

32) Amat pemurah hingga digambarkan seperti angin lalu pemurahnya

33) Rasul tidak suka tidur di bilik gelap dan di bawah bumbung yang terbuka dan

tidak beratap

34) Tangannya tidak pernah menyentuh kulit wanita lain

35) Bersikap tegas , pemaaf dan pengasih dalam perjuangan

36) Beliau mengambil wudhu’ sebelum tidur dan berzikir hingga khusuk

37) Sangat menghormati orang-orang tua dan mengasihi orang-orang muda dan

kanak-kanak

 

Semoga bemanfaat untuk kita jadikan suri tauladan.

 

 

Hasil berkaca diri sendiri:

 

1. Belum bisa seperti itu

2. Muka gw kebanyakan BTnya

3. Yang ini mmmmm.... paling cuma bini gw aja yang bilang sempurna

4. Wah kalau saya meledak ledak

5. Yang ini OK

6. Yang ini OK

7. Yang ini OK

8. Saya masih suka mengumpat orang lain, apalagi kalau lagi nyetir...

9. Yang ini OK

10. Saya tidak memakai sorban, panas bo´

11. Kalau lagi ada kelebihan duit suka juga membelikan hadiah walaupun tidak ada even spesial

12. Yang ini OK

13. Nah saya masih suka gogorowokan sama istri dan keluarga

14. Yang ini paling sama yang dikenal, itupun cuma basa basi... ¨kamana euy..¨

15. Yang ini paling sama sahabat yang sudah lama tidak jumpa

16. Nah kalau saya suka melepaskan terlebih dahulu, asa aneh salaman lama tuh

17. Kalau saya cuma bercanda dan main tatarucingan

18. Saya suka menatap orang dan meledek kekurangannya

19. Yang ini OK

20. Yang ini OK

21. Saya suka kecepetan kalau ngomong

22. Yang ini OK

23. Wah kalau saya bisa ngakak sampai sakit perut dan nangis

24. Suka pagujud ngga jelas

25. Suka marah-marah dan menggerutu

26. Kalau sama tukang parkir dan pengamen suka jutek

27. Selalu mengambil lebih buat bayar hutang, beli mobil dan rumah

28. Yang ini OK

29. Yang ini OK

30. Yang ini OK

31. Yang ini OK, tapi suka kelupaan juga karena kesibukan

32. Masih suka itungan untung ruginya

33. Yang ini OK

34. Masih doyan colek colek dan salaman ama bukan muhrim

35. Baru bisa 1/3 nya

36. Kadang-kadang saja

38. Suka marahin orang tua yang nyetirnya sembarangan dan suka menerobos antrian, suka bermuka masam sama anak muda yang ugal-ugalan, dan suka ngadegungkeun sirah budak leutik

 

buset dah gw baru bisa menjalankan 13 point dari 38, belum sampai 50% acan....



Keindahan Akhlaq dan Sifat Rosulullah

Sebelum Terlambat Jalankan Wirausaha Walaupun Anda Seorang Karyawan

Sebelum Terlambat, Jalankan Wirausaha Walaupun Anda Seorang Karyawan





Anggapan beberapa orang bahwa lebih nyaman bekerja sebagai karyawan. Tidak pusing menawarkan barang (promo), tidak khawatir uang tidak ada, jaminan makan siang, uang ini uang itu terkadang ada.

Tetapi tidakkah terpikir oleh anda bahwa suatu saat anda pasti mengalami dua kemungkinan :

  1. Pensiun. Kalau sudah pensiun masih mengandalkan uang jaminan hari tua (JHT) ? Ini tidak menjamin, nilai nominal uang JHT anda tergerus inflasi yang rata-rata 9 % per tahun. Berarti anda memasuki masa sulit setelah masa nyaman anda.

  2. PHK. Ini lebih parah, walaupun anda mendapat uang pesangon ratusan juta sekalipun uang pesangon anda terus tergerus habis karena konsumsi dan inflasi. Biasanya anda idak akan siap menghadapi situasi ini. Kalau PHK anda mengundang polemik pasti yang terpikir adalah demo karyawan dan konsumsi kebutuhan sehari-hari. Begitupun jika PHK tidak ada polemik maka yang terpikirkan adalah mencari lowongan kerja dan konsumsi kebutuhan sehari-hari.


Kedua kemungkinan ini amatlah riskan untuk anda yang saat ini sebagai karyawan dan belum memiliki persiapan peralihan dan mental.

 

Cara efektif adalah bersegeralah anda memiliki wirausaha sekecil apapun bahkan seremeh apapun. Tidak jarang orang yang hanya berjualan gorengan mampu memiliki rumah mewah dan menuntaskan anak-anaknya hingga sarjana.

Dengan menjalankan wirausaha di masa anda sebagai karyawan memiliki beberapa manfaat, di antaranya :

  1. Membangun mental yang kuat. Menjalankan wirauasaha melatih mental yang kuat karena kadang menghadapi kerugian.

  2. Memiliki visi dan misi bagi diri anda. Artinya anda sudah memiliki tujuan hidup anda kemana setelah anda tidak menjadi karyawan lagi.

  3. Memiliki kemampuan manajemen yang aplikatif. Bagaimana tidak ? anda tentu sedikit demi sedikit akan memiliki kemampuan manajemen secara aplikatif langsung terjun ke lapangan.

  4. Membuat persiapan yang lebih baik ketika menghadapi pensiun atau PHK.

  5. Memiliki teman yang berwawasan luas. Untuk yang ini hendaklah anda bergabung ke dalam komunitas wirausahawan.

  6. Mengasah otak kanan. Tentu dengan menjalankan wirausaha maka diperlukan ide-ide kreatif dari otak kanan anda.

  7. Berani menghadapi tantangan dan resiko.


Dan lain sebaginya. Tetapi yang tak kalah pentingnya, terkadang oarang yang terbiasa menjalankan wirausaha selalu berani dalam mengeluarkan sedekah dalam jumlah besar.

Jadi tunggu apa lagi ? Toh anda akan mengalami dua pilhan cepat atau lambat. Pensiun/PHK atau perusahaan tempat anda bekerja bangkrut artinya anda yang berhenti atau perusahaan yang berhenti..

 

 

sumber:

http://www.kpmi.or.id/tulisan/575/Sebelum+Terlambat,+Jalankan+Wirausaha+Walaupun+Anda+Seorang+Karyawan+



Sebelum Terlambat Jalankan Wirausaha Walaupun Anda Seorang Karyawan

The Dude aplikasi untuk monitoring jaringan

The Dude, aplikasi untuk monitoring jaringan


The Dude network monitoring adalah aplikasi baru dari MikroTik yang dapat secara dramatis meningkatkan cara Anda mengelola lingkungan jaringan anda. Ini akan otomatis memindai semua perangkat di dalam subnet tertentu, menarik dan tata letak peta jaringan Anda, jasa monitor perangkat Anda dan mengingatkan Anda jika beberapa operator punya masalah.

 

The Dude sistem demo: kami demo router Mikrotik dapat dilihat dari dalam Dude, instal The Dude dan terhubung ke sistem dude Demo kami dengan sambungan ke Dude Secure 159.148.147.209.

 

Juga tersedia adalah versi web dari antarmuka Dude.

 

 

Beberapa kelebihan The Dude:

 

•The Dude adalah gratis!

•Penemuan jaringan auto dan tata letak

•Menemukan semua jenis atau merek perangkat

•Device, Link monitoring, dan pemberitahuan

•Termasuk SVG ikon perangkat, dan mendukung ikon kustom dan latar belakang

•Mudah instalasi dan penggunaan

•Memungkinkan Anda untuk menggambar peta Anda sendiri dan menambahkan perangkat kustom

•Mendukung SNMP, ICMP, DNS dan TCP pemantauan untuk perangkat yang mendukungnya

•Terpisah pemantauan penggunaan dan grafik

•Akses langsung ke alat remote control perangkat manajemen

•Mendukung remote Dude server dan klien lokal

•Berjalan di lingkungan Linux Wine, MacOS Darwine, dan Windows

•Best price / nilai rasio dibandingkan dengan produk lain (bebas biaya)

Beberapa fitur ini:

•The Dude is free of charge! The Dude adalah gratis!

•Auto network discovery and layout Penemuan jaringan auto dan tata letak

•Discovers any type or brand of device Menemukan semua jenis atau merek perangkat

•Device, Link monitoring, and notifications Device, Link monitoring, dan pemberitahuan

•Includes SVG icons for devices, and supports custom icons and backgrounds Termasuk SVG ikon perangkat, dan mendukung ikon kustom dan latar belakang

•Easy installation and usage Mudah instalasi dan penggunaan

•Allows you to draw your own maps and add custom devices Memungkinkan Anda untuk menggambar peta Anda sendiri dan menambahkan perangkat kustom

•Supports SNMP, ICMP, DNS and TCP monitoring for devices that support it Supports SNMP, ICMP, DNS dan TCP pemantauan untuk perangkat yang mendukungnya

•Individual Link usage monitoring and graphs Link Terpisah pemantauan penggunaan dan grafik

•Direct access to remote control tools for device management Akses langsung ke alat remote control perangkat manajemen

•Supports remote Dude server and local client Supports remote Dude server dan klien lokal

•Runs in Linux Wine environment, MacOS Darwine, and Windows Berjalan di lingkungan Linux Wine, MacOS Darwine, dan Windows

•Best price/value ratio compared to other products (free of charge) Best price / nilai rasio dibandingkan dengan produk lain (bebas biaya)

 

http://volkshymne.blogspot.com/2010/01/dude-aplikasi-mikrotik-untuk-monitoring.html

The Dude aplikasi untuk monitoring jaringan

 

 

http://www.stisitelkom.ac.id

http://hilfan.blog.stisitelkom.ac.id